Selasa, 20 Desember 2011

Tips Aman Naik Angkutan Umum



JAKARTA, KOMPAS.com — Kejahatan yang saat ini marak dilakukan di dalam angkutan kota menciptakan kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat Jakarta.dan kota-kota lainnya. Supaya Anda tidak menjadi korbannya, berikut ini tips yang diberikan polisi, seperti yang dilansir dari TMC Polda Metro Jaya.


* Hindari memakai dan memperlihatkan barang berharga di depan umum, seperti perhiasan dan handphone.

* Pakailah baju yang sopan dan tertutup.

* Selektif dalam memilih angkutan kota (angkot), pilihlah angkot dengan kaca bening, sopir berseragam, ada ID Card, dan ada lampu penerangan di dalamnya.& Pastikan Anda mengetahui nomor trayek dan tujuannya.( khusus untuk angkot di Jakarta )

* Hindari tidur di dalam angkot, hindari menerima makanan atau minuman dari orang lain yang baru Anda kenal, dan tetap waspada terhadap penumpang lain apabila ada tanda-tanda mencurigakan, lebih baik Anda segera turun di tempat yang aman.

* Selalu waspada, bila perlu disimpan dalam kontak handphone atau dicatat nomor-nomor penting yang bisa dihubungi pada saat darurat.

* Lebih baik ada seorang teman yang mendampingi Anda saat naik angkot, khususnya pada malam hari.

* Jika penumpang mendapati kejadian/tindakan kejahatan (melanggar hukum/melakukan tindak pidana), segera melaporkan kepada kepolisian terdekat atau menghubungi TMC Polda Metro Jaya di nomor 021 5276001 dan SMS 1717.
 
Sumber :